9/09/2013

Pengalaman Tes Masuk Kuliah

Hari ini adalah hari pertama gue masuk kampus lagi, akhirnya gue masuk ke semester 3, dan ini semua gak pernah ada di bayangan gue kalo gue sukses ngelewatin semester 1 sama semester 2 dengan mulus meskipun masih ikut 3 kali pembetulan nilai, tapi at least gue sukses sampe juga ke semester ini.

Kenapa gue nulis pembuka postingan yang kayak gitu? Soalnya gue mau sedikit cerita tentang pengalaman gue masuk ke FKG ini, gue masuk ke FKG ini dengan ngga mulus-mulus amat, soalnya gue harus 2 kali tes buat bisa keterima disini. Gue sempet ragu sama diri gue sendiri, soalnya gue ini tipe orang yang males belajar dan dari kecil gue cuman masuk sekolahan yang biasa-biasa aja, dengan jam belajar dan bahan ujian yang sedikit, jadi gue mulai berpikir seandainya gue keterima, gue pasti jadi banyolan disini.

Akhirnya tiba dimana hari tes pertama kali masuk FKG, gue ngga belajar sama sekali, dan ini adalah pure kesalahan gue soalnya gue sedikit ngeremehin test masuk FKG, emang niatnya juga cuman ngeliat model soalnya gimana, tapi tetep aja gue ngeremehin tes ini. Dan gue akhirnya emang beneran gak keterima waktu itu.

Abis dari tes pertama gue dan hasilnya ngga lulus, gue mendadak stres, padahal gue niatnya cuman nguji nyali, dan ternyata gue malah stres gara-gara gak keterima. Karena emang ada sedikit paksaan dari nyokap buat masuk kesini, gue ngga mau nyerah gitu aja.

Selama gue nunggu test kedua gue waktu itu, selama itu lah hidup gue jadi stress, gue mulai nyamilin beling, suka kayang di eskalator, dan suka tidur melek sambil tutup idung. Oke gue mulai ngaco. Tapi waktu itu gue dapet dukungan besar banget dari pacar gue waktu itu, tapi sekarang udah jadi mantan, dia support gue terus buat gue ngelupain kegagalan gue di test pertama dan gue harus cepet-cepet move on buat ngadepin test kedua gue.

Selama kurang lebih 2 bulan gue jadi orang yang pemarah, gampang emosi, bahkan semua temen gue yang biasanya suka bercanda sama gue pada gue musuhin semuanya, karena tingkat emosi gue yang ketinggian, padahal niat mereka cuman bercanda eh malah gue anggep serius.

Akhirnya hari dimana gue tes lagi dateng, dan kehidupan gue bener-bener ditempa di hari tes kedua gue ini. Gue bangun dan langsung dikasi wejangan sama om gue, om gue bilang kalo pekerjaan itu jangan terpaku sama kerjaan dari orang tua kita sendiri, banyak kerjaan lain yang masih bisa bikin kita jadi sukses, tapi karena waktu itu gue udah buletin tekat buat masuk ke FKG, gue tetep ngomong ke diri gue sendiri kalo gue pasti bisa masuk ke FKG ini.

Selama 3 jam tes, gue disuruh ngerjain 80 soal, dan pas kurang 15 menit lagi selese gak selese dikumpulin, gue mulai panik, gue mulai kentut-kentut gak jelas diruang tes, akhirnya kentut gue berujung dengan ampasnya yang ikut keluar. Gue ngebunuh seluruh manusia diruangan gue dengan gas yang lebih beracun daripada sianida yang keluar dari lobang pantat gue sendiri #AbaikanIni #GueNggaSerius

Pas sisa 15 menit sebelum gue harus ngumpulin soal gue ke dosen penjaga, gue ngeliatin lembar jawaban gue, ternyata gue cuman baru ngerjain 30 nomer, karena dengkul gue udah mulai panas waktu itu, gue mutusin buat nutup soalnya, dan gue mulai doa, dan ini isi doa gue, "Tuhan, kalo memang Engkau berkenan aku masuk ke sini dan disini adalah tempatku, buat aku diterima walaupun hanya dengan 30 soal yang aku bisa kerjain dan sisanya main nembak, Amin". Simpel, jelas, dan pasrah abis.

Akhirnya 50 nomer gue kerjain dengan cup-a-cup nebak-nebak antara A B C D atau E tanpa ngeliat soal lagi. Dan gue kelarin 50 nomer itu cuman dalem waktu 5 menit, dan gue merasa keren bisa kerjain 50 nomer dalam 5 menit. Tapi kemudian gue sadar, gue ngerjain itu asal-asalan.

Dan pas balik rumah, gue ngomong ke Sammy kalo gue ngga bisa ngerjain soal-soal itu lagi dan gue mulai sedikit putus asa, gue stres, gue depresi, tapi gue ngga sampe dibawa ke rumah sakit jiwa terdekat sama Sammy, sungguh koko yang baik, gue terharu sama kebaikan dia.

Gue nyeritain apa aja yang gue kerjain waktu tes tadi, dan Sammy cuman bilang "Ya udah serahin aja sama Tuhan, kalo emang tempatmu disini, kamu pasti masuk". Tapi selama gue renungin tes tadi, gue jadi kebayang kata-kata om gue yang ngasi gue pencerahan buat masuk sekolah masak atau perhotelan, yang penting lulusnya jadi koki.

Abis kebayang wejangan dari om gue, gue mutusin buat nelpon nyokap gue, dan ditelpon itu gue ngomong kalo gue udah nyerah buat ikut tes masuk FKG, dan kalo gagal lagi, gue gak mau masuk ke sana lagi. Nyokap gue ngamuk besar, dan dia nutup telponnya, dia pengen ngomong langsung sama gue malemnya.

Soalnya waktu itu gue dateng sabtu sore ke Jakarta, abis gitu minggu pagi tes dan malemnya gue langsung balik ke Surabaya soalnya senin gue udah harus sekolah lagi. Dan pas gue udah sampe di Surabaya, gue mulai di marahin sama nyokap gara-gara apa yang gue pikirin.

Tapi karena gue lagi stres maksimal, gue ngebantah semua omongan nyokap, dan gue berusaha buat tes ditempat lain dan ngga mau masuk ke FKG, kayak yang nyokap gue pengenin. Alhasil semaleman gue berantem sama dia, dan waktu dia mau balik ke Lumajang, dia gak nyamperin gue dan gue ngga peduli dia mau pulang, tapi bokap datengin gue dan bilang, "Udah jangan stres, kamu udah berusaha yang terbaik, kalo emang kamu gagal lagi, kamu masuk apa yang kamu pengen aja, gak usah dengerin mama, udah tidur sana besok kamu sekolah kan, papa mau pulang Lumajang dulu ya".

Denger kata-kata bokap, gue merasa gue sedikit jahat sama diri gue sendiri dan keluarga gue, gue udah berani ngebentak nyokap gue dan gue udah ngga peduli sama kehidupan gue selama 2 bulan waktu itu. Tapi yang gak gue sangka-sangka, pas pagi gue bangun, sekitar jam 3 pagi nyokap gue bbm gue dan isinya, "Mama minta maaf ya drew, tadi mama udah marah-marah ke kamu, maaf banget ya nak". Gue nangis seketika waktu itu ngebaca bbm nyokap.

Meskipun gue cowo yang setiap hari pecicilan dan susah diem, tapi gue adalah cowo sensitif dan punya hati yang sangat mudah tersentuh. *ngelap air mata*

Gue ngebales, "Iya ma, mama gak salah, andrew yang salah udah ngebentak mama, maafin andrew juga ma". Dan waktu itu nyokap cuman nge-read, dan ngga bales apa-apa lagi, mungkin dia lagi upacara pagi, maklum nyokap gue adalah seorang PNS di Lumajang, jadi kalo tiap senin pagi selalu ada upacara bendera.

Dan siangnya gue ngebuka web trisakti dan gue ternyata diterima disitu, gue buru-buru nelpon bokap dan bokap nangis, mungkin dia nangis bukan karena terharu gue masuk FKG, tapi dia nangis gara-gara dia mikir gimana anaknya ntar belajarnya di sana. Soalnya bokap gue adalah orang yang paling tau gimana cara gue belajar. Dan gue sadar gue harus mulai ngerubah cara gue belajar biar ntar gak shock pas masuk ke FKG.

Abis nelpon bokap kelar, gue nelpon nyokap, dan nyokap kayaknya masih agak marah ke gue, dia cuman ngejawab, "Iya bagus deh, belajar yang bener tapi ya" gak lama kemudian telponnya ditutup. Mungkin gue waktu itu ngga tau gimana perasaan nyokap gue yang sebenernya, antara seneng target dia buat anaknya terpenuhi, atau masih marah gara-gara abis berantem sama gue kemarin malem.

Ya mungkin itu aja pengalaman gue masuk ke FKG, dan gue berharap meskipun gue masuk ke FKG ini berkat bantuan Tuhan, tapi gue gak mau lulus FKG dengan hanya bantuan Tuhan aja, gue pengen nunjukin gue sebagai manusia juga ada kerja kerasnya, dan mungkin buat kalian yang lagi baca dan lagi sedang ada masalah, jangan pernah nyerah sama masalah yang lagi dateng ke kalian.

Tapi kalian harus terus berusaha buat nyelesaiin masalah yang lagi ngebelit hidup kalian dan ngga memunculkan masalah yang lain, misal kalian ada masalah ekonomi, ya cari kerja yang halal, bukan cari masalah kayak nyopet dll yang malah ngerugiin orang lain, atau mungkin kalian lagi ada masalah percintaan, ya selesaikan dengan pacar kalian secara baik-baik, bukan malah selingkuh, atau mungkin juga ada masalah dengan orang tua kalian, coba kalian ngomong dengan orang tua kalian, apa yang kalian rasakan, gue yakin sob, sebuas-buasnya singa aja, dia gak mungkin makan anaknya sendiri, apalagi manusia yang punya otak buat berpikir.

Dan yang penting dari segala penyelesaian masalah yang sedang kalian hadapi adalah terus berdoa sama Tuhan, minta supaya masalah kalian diselesaikan, karena gue yakin, setiap masalah yang kita dapet, pasti akan ada hikmah yang kita dapetin

Gue mau ngutip sedikit omongan pendeta yang pernah khotbah di gereja gue, "Kalo kamu punya masalah, janganlah kamu tertunduk lesu dan hanya merenungi masalahmu, karena itu hanya akan membuat kamu jadi bersedih, dan merasa kalo masalah hidupmu gak akan pernah selesai, melainkan kamu harus melihat ke atas langit dan berpasrah pada Tuhan, karena yang akan kamu lihat hanya ada pandangan untuk pemecahan masalah".

9 komentar:

  1. Selalu ada jalan dari setiap masalah yang terjadi ya..
    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada hikmahnya juga dan ngebikin kita semakin dewasa buat ngadepin masalah-masalah yang akan datang sob :)

      Salam kenal juga

      Hapus
  2. Anda punya soal2 tesnya tidak? :)

    BalasHapus
  3. Ngakaakk yang bagian atas :v

    BalasHapus
  4. Tipe soal USM nya kayak UN atau tes PTN ya?

    BalasHapus
  5. Tipe soal USM nya kayak UN atau tes PTN ya?

    BalasHapus
  6. kale bleh tau, 80 soal itu pelajaran apa aja ya ?

    BalasHapus

Comment Di sini ya : No Sara No Kata2 Kotor thx ^^