3/26/2014

Tips Mengerjakan Ujian Nasional

"Ujian sebentar lagi.....Ujian sebentarrrrr lagi" silahkan mengulangi lirik lagu tersebut berkali-kali sampe Farhat Abbas jadi presiden.
UNAS, sebuah kata yang lebih nyeremin daripada kisah cinta jomblo ngenes, sebuah kata yang bisa merusak ketenangan hidup seorang siswa, dan sebuah kata yang memiliki kepanjangan 'Ujian yang Nampaknya Amat Susah' 
#Maksa 
#NggaPinterBikinSingkatan 
#BodoAmat
Karena bentar lagi anak-anak kelas 3 SMP/SMA bakalan ngadepin yang namanya UNAS, gue mau berbagi beberapa tips-tips yang mungkin bisa membantu kalian buat ngerjain UNAS. Tips-tips dari gue ini lebih baik jangan diikutin, tapi kalo kalian masih sayang sama mantan kalian, kalian bole ngikutin aja tips-tips gue ini.

Gue pernah ngepost tentang pengalaman UNAS gue, memang UNAS gue berjalan cukup lancar dan gue lulus dengan nilai yang memuaskan diri sendiri, oke langsung aja, ini adalah tips-tips gue buat ngadepin UNAS :

1. Datanglah paling pagi, kalo bisa nginep di sekolah
Ada pepatah bertuliskan 'Posisi menentukan prestasi', dan itu memang bener, semakin belakang duduk kalian, maka semakin besar kemungkinan kalian buat nyontek, jadi duduk aja di WC sekolah, karena WC itu menurut gue adalah tempat paling belakang dimanapun kita berada, manusia manapun kalo mau ke WC, pasti ijinnya "Maaf pak/bu, saya mau ke belakang". Tapi inget, sebelum kalian ngerjain soal ujian kalian di WC, isi dulu daftar hadir kalian, supaya kalian terdaftar hadir alias ngga bolos dan biar berkesan aja, karena tiada kesan tanpa....kehadiranmu. #tsahhhh

Tapi sayangnya, UNAS itu duduknya udah diatur menurut sesuai nomer peserta kalian, jadi beruntunglah kalian yang duduk dibelakang, buat yang duduk di depan.....mari kita mengheningkan cipta. 

Bagi kalian yang duduk di belakang, kalian harus berhati-hati, karena biasanya pengawas itu sering melototin kalian yang duduk dibelakang, nah tips biar kalian ngga dipelotin pengawas adalah cukup dengan colok mata pengawas dengan penggaris papan tulis, dijamin dia ngga akan melototin kalian untuk waktu yang lama.

2. Peralatan yang harus dibawa saat UNAS
Peralatan yang dimaksud ini bukan hanya alat tulis, tapi juga seragam, jangan sampai kalian dateng ke sekolah dengan niatan mau ngerjain UNAS tapi malah pake baju badut, INGAT !!! Kalian datang ke sekolah buat ngerjain UNAS, bukan jadi badut ancol, lupakan sejenak pekerjaan sampingan kalian, UNAS itu lebih penting dari segalanya, termasuk lebih penting dari dia yang ngga pernah membalas cinta kalian #tsahhhh

Selain seragam, yang kalian harus bawa itu adalah pensil 2B, inget 2B, bukan 36B, selain kebesaran, 36B itu ngga bisa dipake buat ngelingkarin LJK, meskipun bentuknya lingkaran. GUE NGETIK APA INI !!!
Dan sedikit saran dari gue, lebih baik kalian bawa pensil 2B beneran yang warna kayunya warna ijo atau biru, jangan make pensil mekanik apalagi pensil alis.

Dan yang terakhir, kalian harus bawa penghapus karet yang baru, kalo bisa bentuknya balok yang warnanya item atau putih atau abu-abu, jangan penghapus yang bentuknya itu bentuk kepala doraemon atau spongebob hadiah dari main di Temzone. Soalnya penghapus balok lebih bersih kalo menghapus bekas arsiran kita yang salah di LJK, sayang penghapus balok ngga bisa dipake buat menghapus kenangan bersama mantan.

3. Cara mengisi identitas di LJK
Ini adalah tips yang menurut gue paling penting dan kalian harus baca ini baik-baik, se-eksis apapun kalian di dunia maya, mau facebook, twitter, path, instagram, MySpace bahkan friendster, gue sarankan, isi nama kalian di LJK make nama lahir kalian, jangan make nama facebook, karena apa? takut ngga muat, soalnya gue pernah nyoba dan beneran ngga muat.

Selain nama, isi nomer peserta kalian dengan benar, jangan isi kolom nomer peserta dengan tanggal jadian atau tanggal putus kalian, karena apa? nanti nilai kalian ngga keluar, yang ada kalian diusir keluar sama keluarga kalian.

Selanjutnya buat ngisi jawaban, kalo kalian ngga bisa ngejawab cukup pilih jawaban yang dipilih oleh temen cewe terdekat jangan nyontek temen cowo, meskipun dia cowo terpandai di ruang ujian kalian, jangan ikutin dia, ikuti saja pilihan temen cewe kalian, kenapa harus ngikut pilihan temen cewe? karena cewe ngga pernah salah, jadi jawaban mereka pasti akan benar.

4. Setelah selesai mengerjakan ujian
Kalo kalian udah selesai ngerjain ujian kalian dengan cepat, saran aja sih, jangan update status apalagi ngeposting jawaban kalian di Instagram dengan hastag #Ujian #UjianMudah #5menitDoang #IniJawabanku #ManaJawabanmu #eh #PengawasNgelirikAku #AkuYakinPengawasNaksirAku #DiaMenghampiriAku #DiaMemegangTangankuYangLagiMegangHape #DiaMenatapMatakuDenganDalam #DiaMerampasHapeku

Kalo kalian udah selesai ngerjain ujian, lebih baik kalian jangan menghina temen sebelah kalian yang pusing mikirin pacar yang lagi PMS LJK mereka yang masih kosong, daripada kalian nari tor-tor di depan temen kalian itu sambil teriak "Mau kapan kelarnya lu, udah 30 menit masih nomer 10 aja", lebih baik kalian membantu dia dengan sedikit memberikan jawaban kalian, mau bener mau salah bodo amat, yang penting kalian selesai bareng-bareng. Urusan lulus itu belakangan, penting berbagi jawaban dulu, kan enak kalo lulus ya lulus bareng, kalo ngga lulus ya udah mendingan kita.......mengheningkan cipta dulu.

5. Setelah meninggalkan ruang ujian
Yang terakhir itu yang paling vital dan yang menentukan kelanjutan nasib UNAS kalian, kalo kalian udah keluar dari ruang ujian, dan ketemu sama temen, sahabat, gebetan, pacar, mantan jangan tanya tentang jawaban-jawaban dia di LJKnya.

Tapi biar keliatan perhatian (Diperuntukan bagi mereka yang punya gebetan, atau ngarep balikan sama mantannya, bagi jomblo ngenes harap minggir) cukup tanya "Bisa ngga ujian tadi?" jangan kalian nanya "Eh tadi nomer 8 apa jawaban lu?" dan teman kalian ngebales "8 gue jawab C, lu jawab apa?"

"Kalo gue jawabnya B", 
"Loh kok B? itu kan jelas C"
"hah? C? gue salah dong, aaahhh gue salah, hidup gue salah, aaaa mama aku salah" Nangis guling-guling sampe pager depan sekolah. Dan setelah itu galau sampe malem gara-gara salah 1 nomer.

Abis galau semaleman dan ngga belajar, akhirnya ujian besoknya ngga bisa, gara-gara ujian ngga bisa, akhirnya ngga lulus, gara-gara ngga lulus akhirnya nama di tip-ex sama nyokap dari kartu keluarga, gara-gara nama di tip-ex akhirnya ngga punya keluarga, ngga punya keluarga akhirnya depresi, gara-gara depresi jadi sakit, karena sakit terlalu parah akhirnya meninggal.

Jadi kalo kalian ngga mau meninggal, jangan nanya jawaban temen kalian pas UN. 

Itu aja tips-tips dari gue, semoga ngga membantu dan menyesatkan kalian, saran gue buat kalian yang mau unas, dan pengen banget lulus, cukup dengan belajar dengan sungguh-sungguh sama minta doa orang tua supaya bisa ngerjain ujian dengan lancar, dijamin kalian pasti akan lulus, karena ada pepatah bertuliskan "Berusaha tanpa berdoa itu adalah sombong, sedangkan hanya mengandalkan doa saja tanpa berusaha itu adalah kebodohan", jadi kalian ngga perlu minta wangsit soal ke dukun terdekat, atau ritual-ritual aneh yang ngga ada hubungannya dengan UNAS. Kalo ada tips-tips ngerjain UNAS yang mau di share silahkan comment di bawah ini.

Terima kasih udah baca postingan ini.

4 komentar:

  1. Ujian itu ... DATANG KERJAKAN DAN LUPAKAN! -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupakan bersamaan dengan kenangan bersama mantan

      Hapus
  2. saat ujian tidur aja, eh kacau banget mah ini :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, hahaha, nanti suruh pengawas aja yang ngerjain ujian

      Hapus

Comment Di sini ya : No Sara No Kata2 Kotor thx ^^