Karena kemalesan gue ini juga, akhirnya gue sering kena marah nyokap, bahkan waktu masih SD, guru gue pernah nelpon nyokap gue gara-gara gue ngga pernah ngerjain PR 1 kali pun, karena menurut gue kerja PR itu cuman buang-buang waktu, udah kerja 10 halaman endingnya cuman di parah guru, coba kalo setiap 1 halaman gue bisa dapetin sebungkus cheetos, 100 halaman pun bakal gue kerjain semuanya. Iya harga diri gue waktu kecil cuman sebatas sebungkus cheetos.
Seabis dapet telpon dari guru gue, nyokap gue manggil gue dan langsung tanya ke gue apa PR gue hari itu, di SD gue waktu itu ada yang namanya buku harian, jadi di dalem sana banyak ketulis hari ini gue punya PR apa atau ulangan apa besoknya, dan PR gue di hari yang keramat itu adalah Bahasa Indonesia, gue inget banget masa-masa itu adalah kelas 2 SD, iya gue nakal semenjak kelas 2 SD, makanya sekarang udah jadi cowo baik-baik, soalnya limit nakal gue udah abis.
Nah PR yang gue dapet hari itu adalah menulis tegak bersambung, karena tulisan gue yang lebih baik disebut gambar brutu ayam daripada tulisan tegak bersambung, gue pun ngga bisa lolos dari omelan nyokap hari itu, PR yang seharusnya cuman 2 halaman gue kerjain sampe 22 halaman, 2 halaman PRnya, 20 halaman lainnya? Dicabik-cabik sama nyokap.
Tingkat kemalesan gue ngga bertobat saat itu juga, gue tumbuh jadi pelajar males yang konsisten, gue jadi pelajar males sampe akhir SMA, buat mendukung kemalesan gue, gue selalu milih sekolah yang nilai lulusnya kecil, dan tentu aja sekolah yang ngasi bahan ulangan/ujiannya sedikit.
Jadi biasanya tiap ulangan atau ujian gue cuman belajar 5 lembar dan itupun full soal kisi-kisi dan besoknya yang keluar sama persis kayak apa yang gue pelajari.
Tapi semua itu berakhir di masa SMA gue, sebelum gue dimasukin sama nyokap ke sekolah kedokteran gigi, disini setiap kali mau ujian gue selalu berasa ada di gerbang neraka. Gue yang biasanya cuman belajar 4-5 lembar maksimal 10 lembar dan setelah itu gue bakalan mimisan gara-gara kecapean, sekarang gue harus belajar minimal 14 judul slide tiap kali ujian.
buku setebal itu hanya untuk 1 bulan dan 2 kali ujian, belom termasuk slide-slide dosen yang ngga ada di dalem buku itu
Itu hanya salah satu buku yang harus gue pelajarin setiap bulannya, tapi gue berpikir, apalagi yang bisa gue lakuin? Gue ngga bisa dan ngga boleh nyerah, karena gue harus sadar, nyokap udah ngeluarin banyak duit biar gue bisa tetep kuliah disini dan masuk kesini itu ngga mudah, hanya mukjizat-Nya yang bikin gue masuk ke sekolah ini, jadi gue hanya bisa menerima bahan dari dosen itu dan pelajarin slide demi slide meskipun harus bercucuran air mata saat ngeliat daftar isi buku itu.
Gue yang selama SMA selalu ngetawain bahan ujian temen-temen gue dari sekolah lain yang bisa bikin temen-temen gue itu nangis gara-gara belajar berasa ngga kelar-kelar, sekarang dapet karmanya, gue yang dibikin nangis sama buku diktat itu. Gue pemalas yang lemah, selalu nangis tiap ngeliat daftar isi diktat ujian lebih kenceng daripada ngeliat buku tabungan di akhir bulan.
Dan kemarin pas gue lagi makan di kaepci sama temen-temen gue, disana lagi ada pesta ulang tahun anak-anak yang mukanya masih keliatan polos dan bahagia, dan dimana ada pesta anak kecil, disitu pasti akan ada badut yang nanyain cita-cita anak-anak kecil itu.
Gue sedih pas denger ada seorang anak laki-laki yang cita-citanya pengen jadi bu guru,
kasian dia korban krisis identitas, semoga dia cepat-cepat menemukan
jati dirinya itu. Tapi gue lebih sedih ketika ada anak yang pengen jadi dokter, mereka belom tau gimana ganasnya bahan ujian semasa sekolah, gimana kerennya kata-kata mutiara dari dosen sewaktu kita lagi kerja praktikum.
Memang anak kecil itu harus kita jadikan contoh dalam hidup kita, kepolosan mereka itu bisa jadi pelajaran berharga bagi kita, saat mereka ngomongin tentang cita-cita, mereka hanya melihat sosok yang mereka cita-citakan itu dari kesuksesannya aja, bukan dari prosesnya, hal ini juga bikin gue sadar, orang-orang bahkan termasuk gue, hanya melihat sosok orang dari kesuksesannya aja, contohnya gue, gue suka banget ngeliat kesuksesan dari penulis-penulis blog yang akhirnya punya buku dan sukses kayak Raditya Dika, Alitt Susanto ( @Shitlicious ), dan banyak yang lainnya.
Tapi begitu gue ngeliat proses mereka untuk mencapai semua itu, mereka ngga melakukan semua itu dengan mudah, mereka banyak melakukan pengorbanan demi mengejar kesuksesan itu. Gue jadi sadar, kesuksesan itu ngga ada yang instan, kita harus mengejar semua itu dengan kerja keras, ngga akan ada orang yang kerjaannya tidur doang tapi bisa dapet banyak duit, semua itu harus diperjuangkan, sama kayak gue disini, gue harus tetap berjuang, karena Tuhan itu ngga pernah ngasi cobaan yang melebihi kemampuan umatnya, tapi sayangnya yang ngasi bahan ujian gue ini adalah Dosen. #NangisLagiNgeliatDiktatYangTerkaparPasrah
Memang anak kecil itu harus kita jadikan contoh dalam hidup kita, kepolosan mereka itu bisa jadi pelajaran berharga bagi kita, saat mereka ngomongin tentang cita-cita, mereka hanya melihat sosok yang mereka cita-citakan itu dari kesuksesannya aja, bukan dari prosesnya, hal ini juga bikin gue sadar, orang-orang bahkan termasuk gue, hanya melihat sosok orang dari kesuksesannya aja, contohnya gue, gue suka banget ngeliat kesuksesan dari penulis-penulis blog yang akhirnya punya buku dan sukses kayak Raditya Dika, Alitt Susanto ( @Shitlicious ), dan banyak yang lainnya.
Tapi begitu gue ngeliat proses mereka untuk mencapai semua itu, mereka ngga melakukan semua itu dengan mudah, mereka banyak melakukan pengorbanan demi mengejar kesuksesan itu. Gue jadi sadar, kesuksesan itu ngga ada yang instan, kita harus mengejar semua itu dengan kerja keras, ngga akan ada orang yang kerjaannya tidur doang tapi bisa dapet banyak duit, semua itu harus diperjuangkan, sama kayak gue disini, gue harus tetap berjuang, karena Tuhan itu ngga pernah ngasi cobaan yang melebihi kemampuan umatnya, tapi sayangnya yang ngasi bahan ujian gue ini adalah Dosen. #NangisLagiNgeliatDiktatYangTerkaparPasrah

Hidup dari hari ke hari makin susah Bang. Bensin aja harganya naik terus. Maka dari itu hidup itu penuh PER-JU-A-NGAN. Jadi, jangan males-malesan ya Bang. Moga-moga cepet rampung kuliahnya, cepet selesai koas terus jadi dokter deh.
BalasHapusjangankan hidup PDI aja butuh perjuangan hahaha, iya semenjak terpikir nulis posting ini jadi mau berusaha jadi anak yang rajin :) Aminnn makasih banget doa nya ya, nitip doain dapet jodoh juga dong disini kalo bole #JombloHope
Hapusya gue juga sering males gan, tapi sekarang gue gak boleh males. soalnya gue udah di ujung gerbang nih. mau menghadapi UN.
BalasHapusoh ya.. kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html
bantu doa dan beri komentar aamiin ya, thanks..
bantu gue biar sukses UN ya..
semangat bro, gue dulu juga rajin pas UN, rajin bangun pagi buat nyalin jawaban kunci UN
Hapus