9/13/2014

Aku dan ART (Asisten Rumah Tangga)-ku

Cepet amat ya udah sabtu malam lagi, bagi para jomblo-jomblo yang sedang kesepian di depan gadget atau laptop juga PC, marilah kita mengheningkan cipta untuk mengenang barisan para mantan kita untuk sesaat, punya mantan kan? karena jomblo yang bijak adalah jomblo yang mau mengenang mantan mereka, kalo ngga punya mantan, kalian belom pantas menyandang gelar jomblo, gelar kalian masih 'belom laku'.

Ntah udah berapa banyak malam minggu yang gue lalui tanpa ngeblog, bukan...bukan gara-gara gue punya gebetan atau pacar baru, tapi gue sibuk bersih-bersih rumah, iya ART (asisten rumah tangga) gue pulang kampung lagi. Sebenernya kalo boleh memilih, antara punya ART yang setia atau punya pacar yang setia, gue bakalan milih punya pacar yang bisa dijadiin ART yang setia, ngga ah tar kisah gue diangkat ke FTV dengan judul "Pacarku adalah pencuci sempakku" terus gue dipanggil sama pak Muchlis (ketua lembaga sensor Indonesia, yang namanya sering muncul di keterangan 'Film ini telah lulus sensor' kalo lagi nonton film di bioskop'). Gara-gara pemilihan judul FTVnya yang terlalu vulgar.

Kalo diantara 2 pilihan di atas tentu gue bakalan milih punya ART yang setia, karena apa? karena kalo pacar yang kabur kita bisa nyari yang baru, kalo ART yang kabur? pusinglah kita nyari lagi ART baru, ditanya-tanyain kerja dia apa, ngajarin ini ngajarin itu. Ribet.

Mungkin buat kalian yang hidupnya masih deket sama orang tua, dimana waktu ART pulang kalian bisa kerja bakti bareng orang tua kalian buat beres-beres rumah, kalian bakalan bilang gue ini anak manja, baru ditinggal ART aja udah curhat di blog. Gue mau melakukan pembelaan dan penghiburan diri.

FYI, gue semenjak SMA udah di deportasi sama nyokap gue dari rumah ke surabaya buat merantau mengejar cita-cita. Dan semenjak SMA gue udah hidup serumah cuman berdua bareng ART gue, kalo kalian mau cie-cie-in ngga apa-apa, gue cuman bisa pasrah.

Dan selama SMA itu juga, gue udah 4 kali ganti ART, ART gue yang pertama adalah ART warisan dari Sammy, ART gue yang ini adalah ART paling keren selama gue hidup, dia bisa nyalin catetan sekolah gue yang ngga gue catet gara-gara gue tidur waktu lagi pelajaran itu. Selain bisa nyatet, dia juga bisa manasin mobil, bukan...bukan manasin mobil pake kata-kata "Mobil jelek, mobil bulet, sama aja kayak yang nyetir", tapi dia bisa nyetarter mobil gue.

Jadi waktu mau berangkat sekolah atau les, gue tinggal minta tolong ke ART gue ini buat manasin mobil, selain bisa manasin mobil, dia juga bisa nyuci mobil dengan bersih, Lumayan tiap minggu ngga usah ngeluarin 50rb buat nyuci mobil, mayan kan duitnya bisa ditabung buat tour ke Albania, Armenia sama Zambia.

Sayangnya, kisah gue dengan ART pertama gue harus kandas sebelum gue naik kelas 11, ART gue akhirnya harus berhenti gara-gara dia udah dilamar sama pacarnya, ARTnya udah lamaran, majikannya masih kesepian. Perih.

Tapi gue harus move on, nyokap akhirnya ngirimin ART kedua pas sehari setelah ART pertama gue pulang, karena udah kebiasaan mobil selalu ada yang manasin dulu, akhirnya ART kedua gue ini gue ajarin cara gimana manasin mobil, awalnya dia takut-takutan dan ngga mau belajar cara manasin mobil, tapi setelah gue bilang kalo mobilnya ngga bakalan meledak kayak di film-film bollywood yang sering dia tonton itu, dia akhirnya mau belajar.

Tapi pas gue udah kelas 12 akhir, ART kedua gue ini sempet beberapa kali pulang karena sempet keponakannya meninggal, jadi mau ngga mau nyokap ngirimin ART ketiga, dan ART ketiga ini adalah bener-bener ART yang baru kerja dengan keluarga gue, karena biasanya sebelum dikirim ke gue, ART-ART itu dapet pelatihan dulu di rumah nyokap, dan pelatihannya itu mirip-mirip kayak lagi pelatihan 'Be A Man', yang dilatih letoy, yang ngelatih harus ngebentak-bentak sambil melotot.

ART ketiga gue ini adalah pencapaian rekor terbaik soal lama kerjasama dengan gue, dia cuman kerja 2 hari terus kabur pulang kampung, ntah gue sudah ngelakuin apa, yang jelas pas malem hari pertama dia di rumah, gue sempet turun kebawah ngambil minum cuman make baju sama sempak doang, mungkin dia khawatir kalo rumah gue adalah tempat pemujaan sempak yang setiap malam kamis ada penyembahan terhadap sempak.

Gue yang cukup bete gara-gara ditinggal ART yang ketiga ini, gimana ngga bete, gara-gara ditinggal dia, gue harus bener-bener hidup sendiri di rumah, mulai dari nyapu, ngepel, nyuci, manasin mobil, nyalin catetan temen, mau ngga mau gue harus kerjain semuanya sendiri. Dan yang paling bikin gue jadi bete, gue jadi sendirian di rumah, udah ngga punya sapa-sapa waktu itu, masih harus tinggal sendirian. Perih.

Setelah 2 minggu gue hidup dalam kesendirian, nyokap akhirnya ngirimin pembantu baru gara-gara ngga tega ngeliat anaknya hidup sendirian, dan ART gue yang keempat ini adalah ART paling sakti menurut gue, gimana ngga sakti, dengan kerjaan rumah sebanyak itu, dia jarang mandi, alhasil badan dia jadi bau, dan dengan bau badan dia, kesehatan hidung gue cukup memprihatinkan, sama kayak kehidupan percintaan ini. #TetepGalau #CurhatApapunUjungnyaKeUrusanCinta

Gue ini termasuk orang-orang yang susah banget dibangunin kalo udah tidur, tapi dengan ART gue yang keempat ini, cukup dengan dia masuk ke kamar gue, otomatis gue bakalan langsung bangun tanpa dia harus menyentuh gue, sakti kan? Bagi kalian sakti, bagi hidung gue itu sakit

Dan sejarah bergantinya ART gue ini lanjut hingga kehidupan perkuliahan gue di Jakarta, gue sekarang sedang nyari ART ketiga hanya dalam waktu kurang dari setaun, ART pertama gue di Jakarta kerja cuman 3 bulan, dan ART ini punya 1 hobby, yaitu masak oseng-oseng, setiap kali gue pulang kampus dan nanya, "Ada makanan apa mbak?". Dia pasti ngejawab, "Oseng-oseng ko". Dan kejadian itu berlangsung setiap hari.

Setelah dia berhenti, ART kedua di Jakarta dateng, yang kedua ini lebih mending dalam hal masak-memasak, tapi cukup ngebuat gue pengen nyilet-nyilet leher gue sendiri kalo udah nyuruh dia beli nasi padang.

Pernah suatu malam gue pengen banget makan nasi padang, dan dia gue suruh beli nasi padang di belakang rumah, gue mesen nasi pake rendang sama telor dadar, setelah nunggu dia 30 menit dan dia pulang sambil memegang sebuah kresek hitam dengan isi, nasi putih pake telor ceplok dan 2 dada ayam goreng. Gue pun pasrah dari yang biasanya cuman butuh duit 20rb sekarang harus ngeluarin 35rb buat makan malam saat itu. #NgetikSambilMengenangWaktuItu #NgelapAirMata

Mungkin itu aja sharing gue tentang barisan mantan ART yang pernah mampir dalam kehidupan gue ini, kalo misal kalian punya cerita tentang uniknya ART kalian, silahkan share di comment box dibawah ini, gue yakin masing-masing ART itu pasti punya keunikan yang bisa bikin majikannya jadi jengkel. Gue pamit dulu karena masih harus nyuci piring bekas dipake makan sama Sammy, dasar koko ngga ada kesadaran kalo rumahnya ngga ada ART, oh gue lupa, bagi dia gue hanyalah seorang ART.

Terima kasih buat yang udah baca sampe abis.
Have a nice weekend.

2 komentar:

  1. Huehehehe, dirimu sudah seperti ibu-ibu yang kehilangan ARTnya, galau tingkat dewa.
    Semoga segera dapat ganti ART yang canggih ya, Drew :)

    BalasHapus
  2. Kalo ART-ku itu, kalo nyuci pasti aja masih banyak yang kotor -_- Sampe aku harus nyuci ulang sendirian -_-

    BalasHapus

Comment Di sini ya : No Sara No Kata2 Kotor thx ^^