4/25/2013

Masa2 UN gw

Gak berasa beberapa tahun udah berlalu ya, gue yang baru-baru ini kecanduan buat buka facebook lagi sering banget liat status-status anak-anak SMP / SMA yang menjerit-jerit akibat menghadapi UNAS (Ujian Nasional)

yang menurut gue adalah ajang uji nyali seberapa besar tekad dan kemampuan kita untuk mengelabuhi pengawas ujian, sehingga UNAS itu menurut gue adalah (Uji Nyali Anda Semua), maksud gue bukan ngajarin yang buruk lho ya, lagian juga UN tahun ini udah beres, tapi buat kalian yang masih belom merasakan UN jangan sekali-sekali ngikutin gue ya, kalo gak ngikutin berarti anda hebat, tapi kalo ngikutin gue ya berarti kalian LUAR BIASA !!

Sedikit flashback tentang UN gue ya, UN gue yang pertama terjadi sekitar 4 tahun lalu, yaitu pas gue kelar 3 SMP, dimana UN gue itu terjadi sungguh tragis mengenaskan mengharukan dan juga sampai memaksa mengeluarkan air ludah. oke gak sekacau itu. UN gue pas SMP itu jujur gue laluin dengan sedikit rasa peduli terhadap UN itu, menurut gue kalo kita takut ngerjain soal UN itu, 

kita bakalan grogi lebih grogi daripada nembak gebetan apalagi pas nembak nyokapnya gebetan kita di depan suami nya. UN itu sebenarnya gak susah-susah amat, asal ada kunci jawaban dari UN itu, tapi bagi kalian yang gak punya kunci jawaban, cobalah kalian mulai berdoa pada saat kalian nemuin soal UN yang susah banget, sapa tau tiba-tiba ada cicak jatoh dari langit-langit sambil di perutnya ada jawaban buat soal kalian itu. 

Pas dulu UN SMP, gue gak pernah yang namanya belajar keras seperti siswa jaman sekarang, karena jaman gue dulu cuman 2 tipe soal, gak tau sekarang berapa dan tingkat kesulitannya itu biasa aja, biasa....biasanya sih bikin pusing kepala dan buat parno sama tanggal pengumuman nilai UN. 

Tapi apadaya Tuhan berkata lain, gue diberi kelulusan dengan nilai yang sedikit memuaskan dan membuat orang tua gue bangga sama gue karena gue berhasil lulus dari SMP, jujur, selama gue berada dalam masa SMP itu, apalagi sebulan sebelum UN, 

orang tua gue tiap hari bilang ke gue, "Ndrew, kamu harus lulus UN ya, inget kalo sampe kamu gak lulus, kamu siap-siap jadi kuli panggul di toko" kata nyokap, dan bokap gue cuman bilang dan sampe sekarang gue masih inget banget, 

"Ndrew, UN itu sebenarnya gak usah di stress-in, masa kamu sekolah 3 tahun itu cuman ditentuin 4 hari, kalo kamu lagi ngerjain UN terus pengawasnya meleng atau lagi gak konsen, udah kamu nyontek James aja, papa gak masalah kalo kamu nyontek pas UN, biar kamu lulus biar cepet pindah ke Surabaya, papa bosen liat kamu di rumah terus tiap hari" kata bokap gue, 

oh ya James itu adalah temen gue paling baik pas jaman SMP dulu dan dia adalah murid paling pinter di kelas gue dulu, dia anak alim banget tapi semenjak kenal sama gue dia jadi sedikit brengsek juga, apapun yang kalian pikirkan dia bisa jadi brengsek itu sudah jelas karena kelakuan dan ajaran gue ke dia.
 
Pas hari pengumuman pun dateng, bokap dan nyokap yang deg2an nunggu hasil UN gue sambil berharap supaya gue lulus dan cepat pindah dari rumah itu akhirnya dapet kepastian bahwa gue lulus UN, jaman gue SMP dulu lom ada PHP ya, jadi kalo misal ditanya nyokap "UN mu gimana?" gue gak bakalan jawab "Mau tau aja ato mau tau banget?". 

Walaupun gue tau orang tua gue gak bakalan tega ditinggal anaknya yang paling cakep, lucu, berkharisma, bijaksana, baik hati, suka menolong, dan suka menghambur2kan uang, itulah penilaian nyokap bokap gue ke gue, dan semua temen gue bilang kalo nyokap bokap gue itu rela memutarbalikkan fakta yang sebenarnya, supaya anaknya yang satu ini gak merasa terus-terusan terhina di dunia ini.

Singkat cerita singkat tulisan singkat juga postingan ini.

Gue udah SMA kelas 3 dan siap menghadapi UN SMA, dimana baru kali ini gue merasa takut banget buat hadapin UN, karena seminggu sebelum hari UN pun gue masih acak adut belajarnya dan gue udah males-malesan gitu, karena terbayang liburan selama 3 bulan tanpa sekolah selepas 4 hari menyiksa itu. 

Dimulai dari hari pertama yaitu Bahasa Indonesia, ini adalah UN yang paling gue takutin karena jawaban A B C D E itu jawabannya nyaris sama semua, gue mulai gugup ngerjainnya, lebih gugup dari nunggu jawaban gebetan kita yang cuman kasi kita jawaban "Pikir-pikir dulu ya", 

Pas dibagiin Lembar Kerja gue melihat ada kolom nama yang panjang banget, dan perlu ditegaskan pas dulu gue kelas 3 SMA itu adalah masa klimaks tingkat ke-Alay-an gue, iya gue dulu pernah alay tapi sekarang kadar alay dalam hidup gue sudah berkurang tapi belum hilang, karena itu kolom nama banyak, gue pengen nulis nama gue jadi AndrewClaluChayankKmuhh tanpa angka, 

karena LJK hanya melayani huruf A-Z tanpa angka 0-9, tapi untung semua itu bisa gue tahan dan gue ngisi kolom nama itu dengan nama gue sesuai akte lahir gue yang gak tau ada dimana akte gue itu sekarang berada, dimanapun benda itu berada, semoga dia sekarang gak tercabik-cabik oleh kucing tetangga.
 
Soal demi soal gue kerjain dengan keringet dingin, dan disaat gue gak bisa gue pengen banget ngerayu dengan gombalan-gombalan gue karena disaat itu pengawas gue adalah cewe, sayang setelah gue liat secara terus menerus, ternyata dia bukan cewe, melainkan nenek-nenek dengan muka ketus yang bikin gue membatalkan niat buat ngerayu dia biar bisa dapet jawaban UN bahasa itu, 

detik demi detik berlalu, gue berasa pengen banting meja terus langsung pura-pura epilepsi tapi titip LJK dulu ke temen gue buat di bunderin jawaban gue, tapi lagi-lagi gue mengurungkan niat gue itu karena gue takut kualat. Ujian pas itu tinggal 20 menit dan gue proses pekerjaan gue baru 75%, dan disaat itu juga gue mulai cari-cari kamera buat lambai-lambai tangan karena udah gak kuat lagi mau kerjain soal itu, tapi karena gue tau sekolah gue gak ada CCTV nya, gue kembali mengurungkan niat gue itu.

Akhirnya waktu ngerjain soal itu abis, dengan terpaksa gue ngisi soal-soal yang kosong itu dengan jawaban seadanya, UN Inggris, Matematika, dan mapel IPA gak gue tulis ya, soalnya kalo ditulis nanti kalian bisa nangis karena kalian merasa kenapa dunia ini gak adil banget, makhluk seperti gue ini bisa lulus UN dengan usaha yang sedemikian tiada artinya.

Singkat cerita lagi udah pas pembagian hasil, dan lagi-lagi gue seperti gak peduli sama hasil UN gue, karena 2 hari setelah pengumuman UN itu gue bakalan pergi ke bali, cari bule cantik, terus merried sama dia, gue dibawa ke tempat asalnya buat dijadiin TSI (Tenaga Suami Indonesia) dan berujung pada punggung gue yang disetrika terus gue minta perlindungan ke BTSIYT (Badan Tenaga Suami Indonesia Yang Teraniaya) yang ada di Indonesia untuk memulangkan gue karena gue udah gak kuat disiksa sama itu bule.

Oke kalimat terakhir itu cukup berlebihan dan perlu dikonfirmasi bahwa bule2 semua juga pada jijik liat gue, tiap ngelihat gue jam 12 siang, mereka selalu pake kacamata item biar mereka gak bisa liat gue secara jelas.
Fokus ndrew fokus !!

Oke maap, pas pengumuman gue, gue ngelihat hasil UN gue di web, karena tahun lalu udah sedikit canggih ya, liat hasil UN cukup buka web terus liat hasilnya lulus apa nggak, dan dengan bangga gue menyatakan diri gue LULUS dari SMA dengan nilai NGEPAS !! HEBAT KAN GUE ?

Mungkin post gw segini dulu, buat kalian yang lagi mau UN (katanya beberapa daerah UN-nya beda sendiri) jangan kalian ragu atau takut buat ngadepin UN itu, itu semua bukan momok, gak usah sampe bunuh diri gara2 takut ngadepin UN atau bahkan gak lulus UN, karena inget guys, jika tahun ini gagal UN, masih ada tahun depan, kalo masih gagal masih ada tahun depannya lagi. Jadi apa yang kalian takutkan?
Udahan dulu deh, mau melanjutkan mimpi gw yang bersambung tadi sore.
bye2 guys...cup cup mwah mwah

1 komentar:

  1. Mungkin tahun sekarang 2013 anak anak SMA lebih galau ketimbang gue yang dulu masih ngerjain 5 paket doang. dengan 20 paket bahkan satu kelas pun gak ada yang sama soalnya.... Niche blog :)

    BalasHapus

Comment Di sini ya : No Sara No Kata2 Kotor thx ^^