Minggu yang sangat berat buat gue, dimana senin minggu
depan udah ujian, sedangkan sabtu sama minggu ada acara kampus, dimana bahan
ujian gue bisa dibilang sangat-sangat gak manusiawi dan dapat melumpuhkan
setengah batang otak manusia normal yang gak pernah berpikir gimana untuk bisa
nyari cara yang pas buat belajar, itulah yang gue alami sekarang, oke kalian
bingung kan bacanya? Jangankan kalian, gue aja yang nulis bingung apa yang udah
gue tulis itu.
Hari ini gue baru balik dari kampus sekitar jam 5an
disertai dengan sambutan istimewa jalanan Jakarta
yang macetnya udah gak aturan. Dan setelah nyampe rumah baru duduk-duduk gak
nyampe 5 menit udah inget kalo senin ujian.
Postingan kali ini gue mau ngasi beberapa tips buat
kalian yang sekarang lagi ujian, ntah ujian tengah semester, ujian semester,
ujian tengah modul, ujian modul, ujian mencari jati diri, ataupun ujian
menunggu jawaban dari gebetan yang udah kita tembak 3 tahun yang lalu tapi
belum juga ngasi jawaban sampe saat ini.
Gue gak ngerti sama diri gue sendiri kadang, kenapa
belajar itu susah banget, kadang niat untuk buka buku itu kalah sama niat gue
untuk nyalain TV sambil ngelupain apa yang akan terjadi beberapa hari ke depan.
Mungkin ini gak banget buat di ikutin tips nya, tapi
buat kalian yang gak ngikutin tips gue ini kalian orang2 yang berada di
pinggiran jalan yang benar, dan buat kalian yang ngikutin tips gue ini, kalian
berada di tengah jalan benar tepat di depan busway yang lagi ngebut.
Ini Tips2 dari gue buat belajar ujian :
1. Menangkan Niat Belajarmu
Kayak yang gue tulis di atas, kadang niat belajar gue
itu kalah sama niat hal-hal lain yang sebenernya gak penting banget buat
dikerjain, dan lebih penting belajar, tapi ntah kenapa kita seneng banget kalo
udah ngelakuin hal-hal tersebut.
Misalnya, jarak antara pintu kandang gue dengan meja
belajar gue itu gak nyampe 1 meter *masukin meteran*
Tapi gue lebih milih untuk lompat ke atas kasur gue
yang jaraknya sekitar 3 meter dari pintu.
Secara perhitungan jarak, gue udah menyia-nyiakan 2
meter kehidupan gue hanya untuk lompat ke kasur yang gak jelas tujuannya, tapi
emang beberapa hari ini hubungan gue sama kasur lagi langgeng sih, jadi
bawaannya pengen deket2 sama dia mulu.
Tips memenangkan niat belajar ini memang gak mudah
buat dilakuin, tapi kalo kita berusaha untuk niat belajar, pasti akan bisa
kesampean buat belajar, tapi jangan kelamaan ngumpulin niat belajar, contohnya
adalah gue sendiri, gue ngumpulin niat belajar aja dari jam 8 malem sampe 11
malem, pas udah mulai baca buku ngeliat jam 11 lewat 5 menit langsung lompat ke
kasur dan intinya sama, gue GAGAL DENGAN SUKSES untuk belajar lagi.
2. Lakukan Hal yang kalian suka sebelum belajar
Hal ini juga bisa sangat membantu, dimana kalo misal
kita lagi mau belajar, terus ngeliat di depan ada tukang somay, kita bisa beli
somay dulu, terus makanin somay ampe abis, pas somay abis ada tukang bakso
lewat dan kita masih laper, ya udah karena kita seneng makan baksonya yang
terkenal enak dan bentuknya bulet-bulet, jadi makan bakso itu lagi.
Abis selese 2 ronde somay dan bakso, karena hari udah
gelap mulai lah kita mandi sebelum bener2 mulai belajar. Pas udah kelar
mandi, pake baju, mau jemur handuk, kita ngeliatin sodara kita yang lagi asik
nonton TV yang acara nya sedikit gak jelas tapi yang main cantik, karena gue
jomblo ya udahlah maklumin aja, ngeliat cewe seger untuk sementara waktu sambil
sekalian cuci mata.
Sapa tau abis cuci mata kita belajar jadi makin lancar
terus ngingetin slide dosen cukup 1 kali baca dan gak usah diulang-ulang lagi
karena semua udah masuk di kepala tanpa harus belajar keras. Sesuatu hal yang gak
mungkin banget bisa terjadi.
Abis acaranya abis, mulailah kita dengan semangat
untuk buka daftar isi slide2 dosen yang ada di diktat, walaupun abis gitu kita
mencoba menguatkan iman untuk buka slide dosen itu, dan pas ngeliat jam yang
udah jam 11 lewat 10 menit, walaupun baru halaman ketiga, gugur sudah kepala
ini dipelukan bantal.
Dan untuk kesekian kalinya, gue lagi-lagi gagal
belajar buat ujian.
3. Manage waktu belajar dengan baik
Manage waktu belajar ini adalah hal terpenting dalam
kegiatan belajar kalian, misal kalian punya jam belajar 5 jam sehari, dari jam
6 sore sampe jam 11 malem, kita harus bener2 ngerti kapan waktu untuk belajar
dengan serius dan kapan untuk main-main.
Misalnya gue, gue nyediain waktu belajar sebanyak 5
jam, dimana 5 jam itu udah gue bagi2 dengan bijaksana dan dengan tingkat
kejeniusan gue yang tiada tandingannya ini, bukan gara2 terlalu jenius, tapi
karena gak ada jeniusnya sama sekali, gue bagi 5 jam itu dengan perincian
sebagai berikut
5 jam = 300 menit
90 menit gue bermain socmed, dibagi rata untuk BBM,
twitter dan juga facebook
60 menit gue ngelamun, galau, meratapi nasib
kejombloan ini.
60 menit gue melakukan aktifitas primer ( makan,
minum, eek, pipis )
30 menit gue minta waktu istirahat untuk nonton TV
sejenak
30 menit gue nginget hari ini udah ngelakuin hal apa
aja yang bisa bikin ketawa sendiri
15 menit gue mencoba nginget2 hari ini diajarin apaan
( lanjutan dari yang atas )
15 menit gue belajar dengan serius
Dan ketika gue mulai belajar, pas ngeliat jam,
ternyata udah jam 11 lewat 20 menit, udah terlambat untuk waktu ngedate bareng
kasur tercinta ditemani selir-selir tersayang yaitu guling dan bantal.
Untuk kesekian kalinya, gue lagi-lagi GAGAL DENGAN
SUKSES buat belajar.
4. Merasa semua yang kita pelajari gak salah
Berikut kutipan percakapan gue sama kaleb tadi siang
Dosen : Materi ini besok ujian gakk dipake ya, sama
beberapa slide dokter yang lain gak usah dipelajari
Gue : *ngomong sendiri* Oh
jadi yang ini ini sama ini gak usah dipelajari buat ujian *mulai seneng karena
berkurang bahan*
Kaleb : *Tiba2 nyaut dari sebelah* Bentar-bentar,
dosen ini materi nya gakk keluar diujian besok?
Gue : Iya leb, kenapa
emangnya?
Kaleb : Terus ngapain dia ngajar sekarang? *sambil
menunjukkan muka innocentnya*
Gue terdiam, gue terharu sama apa kata2 kaleb untuk
kesekian kalinya, gue merasa apa yang dia katakan bener juga tapi itu semua gak
bener harusnya, gue stress, gue depresi, gue frustasi, gue galau apakah mau
dengerin dosen apa dengerin omongan kaleb ini.
Setelah galau 15 menit,
Gak lama dosennya nyaut lagi
"Tapi materi saya akan keluar di ujian
akhir"
akhirnya gue bisik2 ke kaleb
"TEMBAK GUEEE DOKKKK, TEMBAK GUEEEEE"
Terbisik suara dari Kaleb....." I Love You "
"BUKAN TEMBAK YANG ITU KAMPRET, TEMBAK PAKE
SENAPAN ANGINNN, GUE MAU PINGSAN AJAAA, GAK TAHAN SAMA KELAKUAN ITU
DOKTER....."
Tapi dia bisa banget bikin gue terharu....
Gue nangis terharu, akhirnya ada juga yang ngomong I
Love You ke gue, tapi kenapa harus cowo sih -__-
Apa cewe di dunia ini udah abis buat menyatakan I Love
You nya ke gue *nangis guling-guling salto-salto koprol-koprol*
Materi pelajaran walaupun gak masuk di ujian besok
ini, kenapa kita gak pelajarin juga? kan ilmu
itu gak pernah salah, kita harus terus belajar untuk menuntut ilmu kan? eh tapi kan katanya ilmu itu gak
pernah salah ya? Tapi kenapa ilmu selalu di tuntut? APA SALAH ILMU ?? JELASIN
KE GUEEE....
Lagi-lagi gue galau pas jam belajar, akhirnya gue
memutuskan niat untuk membaca buku diktat walaupun dengan perasaan yang gak
tentu ini, sedih kenapa ilmu terus dituntut, dan......bentar-bentar, kok gue
jadi dramatis gini..
Mungkin emang belajar itu butuh banyak banget
pengorbanan, kayak yang udah ada segitiganya, kita harus milih apakah kita mau
kehidupan sosial yang baik / dapet nilai bagus di pelajaran / jam tidur cukup
dan hubungan dengan kasur terus lancar, dan kita hanya bisa milih 2 dari 3
pilihan berat itu.
Tapi yang jelas, jika kalian memang sedang dalam masa
ujian yang punya bahan banyak, kalian harus bisa jauhin yang namanya internet,
biar gak ketagihan mainan socmed, apalagi nulis blog, terus yang gue lakuin ini
apa ya? gue bisa ngomong demi nilai bagus harus ngejauhin komputer, tapi gue
masih ngeblog, dan gue merasa gue udah salah kalo gue sekarang nulis blog, dan gue
masih tetep melakukan hal itu.
TIDAKKKKKKKKK, STOP DOLO POSTINGANNYA, BELAJAR BAHAN SEABREK WOI.....
Hahahahaaaa tipsnya okey banget
BalasHapusKomedinya juga sama okey nya.
Terus menulis
Salam dari kota Jember
setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk mengahadapi ujian dan belajar. makasih juga share tipsnya
BalasHapusMakasi hehehe ^^
BalasHapusCacaadd.. Tapi bener.. ngakakkkkkk deh
BalasHapus