3/18/2013

Apa Prioritasmu ?

Mungkin kalian bertanya2, kenapa tumben judul gw lagi bener dan gak ngaco kayak biasanya yang terjadi di postingan2 gw sebelumnya, dipostingan kali ini gw lagi pengen share ke kalian tentang tulisan yang ada di renungan gereja gw dan renungan ini sih menyentuh banget buat gw, oke pada penasarankan? Ini kutipan dari renungan itu.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seorang dokter yang bertugas disebuah desa sedang berkunjung ke warga, lalu mampir ke halaman seorang petani. Ia terkesan oleh kepandaian dan sikap ramah anak si petani yang menyambut kedatangannya.

Usianya kira2 baru 5 tahun. Sang dokter penasaran mengapa anak itu begitu ramah. Tak lama kemudian, dia menemukan jawabannya, pada saat dia melihat ibu anak itu sedang sibuk mencuci piring2 dan perkakas kotor di dapur yang kotor, si anak datang kepadanya dengan membawa sebuah majalah.

"Bu, apa yang sedang dilakukan oleh pria dalam foto ini?" tanyanya.

Sang dokter tersenyum kagum saat melihat ibu anak itu segera mencuci tangannya dan duduk dikursi sambil memangku anak itu dan menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 menit untuk menerangkan dan menjawab berbagai pertanyaan buah hatinya.

Setelah anak itu pergi, sang dokter menghampiri ibu itu dan bertanya,
"Kebanyakan ibu tidak mau diganggu saat ia sedang sibuk, mengapa ibu tidak seperti itu?".

Jawab sang ibu sambil tersenyum,

"Saya masih bisa mencuci piring dan perkakas kotor itu selama sisa hidup saya, tetapi pertanyaan2 polos putra saya mungkin tidak akan terulang sepanjang hidup saya."

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dengan baca renungan ini gw kadang inget beberapa hal, mungkin gw dulu waktu kecil saat ingin tanya2 tentang hal2 yang mungkin menurut orang tua gw itu sangat aneh dan polos, tapi mereka juga kadang menyempatkan diri untuk menjelaskan hal tersebut.

Tapi saat gw beranjak dewasa muda gini, kadang saat gw lagi asik main game dan mereka bertanya sesuatu atau sekedar menyuruh kita makan bersama dengan mereka, gw kadang menolak hal tersebut dan malah mentingin game gw itu.

Dan gw sadar, udah bener2 banyak banget waktu gw dan orang tua gw yang gw buang sia2 selama ini, dan sekarang gw pengen merubah itu semua dan memprioritasin keluarga gw lebih dari segala apapun, karena gw sadar, waktu ini terus berjalan dan kita juga gak tau kapan kita gak akan bareng sama orang tua kita lagi (Permisi ngomong).

Dan dosen gw kemaren juga ngomong, kalo pahala terbesar itu datang saat kita bisa melayani orang tua kita, dan mungkin semua itu bener, karena disaat gw lagi sama orang tua gw, gw merasa happy banget deket sama mereka. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sering berantem sama orang tua kalian karena keputusan orang tua kalian yang sedikit gak masuk akal buat kalian.

Tapi perlu di inget, segalak2nya harimau kelaparan, mereka gak akan pernah memakan anaknya sendiri, dengan kalimat itu gw belajar kalo semua orang tua gak mau ngejerumusin anaknya,

pasti semua nasihat mereka itu punya alasan tersendiri, tinggal bagaimana kita mau mengerti tentang apa yang orang tua kita nasehatin ke kita. Kayak dulu kecil gw sering banget di omelin sama nyokap gw, kayak seperti mainan, kalian tau lah anak kecil paling pengen beli mainan kayak di iklan2 TV itu, dasar iklan..

Dan nyokap bokap gw selalu berkata sama gw, "Buat apa beli mainan itu, itu cuman akan jadi sampah di rumah.". Dan gw sekarang sadar kalo omongan mereka itu bener, jadi ya tinggal pandai2nya kita sebagai anak untuk tau apa arti dari nasehat orang tua kita.

Gak hanya dengan orang tua, gw mau curhat bentar ye, belakangan ini gw lagi bete sama temen deket gw, ya karena alasan nya cukup gak bagus banget menurut gw setelah gw pikir2, dan gw udah selama beberapa hari ini gak mau ngomong sama dia, tapi sekarang gw sadar kalo apa yang gw lakuin itu sebenernya salah, salah banget.

Gw udah sadar, kalo sikap gw gini terus gw akan susah dapetin temen, ya seperti ucapan mantan gw dulu,

"Kalo kamu punya sikap kayak gini terus, kamu mau punya temen sebanyak apa? Kamu secara perlahan akan ditinggal temen2 deket kamu kalo kamu gak mau merubah sikap kamu yang emosional ini."

Ya kira2 seperti itulah kata dia ke gw dulu, gw sekarang udah bener2 mau berubah tentang masalah emosi ini, gw mau berusaha ngendaliin diri gw karena gw sadar selama dalam hati gw ada rasa dendam ke orang atau benci ke orang, gw gak pernah bisa bikin joke ntah itu di twitter atau blog,

gw mau memaafkan semua orang yang udah bikin gw kesel belakangan ini, karena gw sadar kalo nyimpen kebencian dalam diri lu, lu cuman akan dapat kebencian juga, kalo lu bisa nyimpen kegembiraan, orang2 yang ada di sekitar lu walaupun mereka lagi ada masalah berat sekalipun,

lu bakalan bisa buat mereka ikut dalam kegembiraan lu sambil melupakan sedikit masalah2 mereka. Mungkin kita gak bisa membantu menyelesaikan masalah mereka, tapi sebagai teman lakukan apa yang bisa kita perbuat mungkin dengan membuat dia seneng buat sementara waktu ataupun juga jadi tempat curhat mereka (kalo mereka mau cerita ke lu).

Sedikit saran buat kalian dari gw, mungkin sangat susah maafin orang yang udah nyakitin kalian berkali2 tapi percayalah jika Tuhan aja bisa maafin kita sebagai manusia yang penuh dosa, kenapa kalian gak bisa memaafkan teman kalian yang sama2 manusia nya?

Toh maafin orang juga gak rugi, dan kita juga bisa mendapatkan kesejahteraan dengan tidak menyimpan benci dendam dan amarah dalam hati kalian.

Sedikit teori dari internet yang gw gak tau bener apa gak, sekali aja kita marah / benci / dendam ke orang lain, kita secara gak sadar udah ngurangin umur kita selama 1 hari, so buat kalian yang pingin umur panjang, mulailah dengan hidup tanpa emosi dalam hati kalian.

Memang kadang itu susah, tapi jika kita mau jalanin itu, hal itu gak akan menjadi sesusah apa yang kita pikirkan, karena memang kalo kita berdoa minta sabar ke Tuhan, Tuhan akan kasi kita kesabaran?
Atau kesempatan yang besar untuk kita bisa bersabar? Karena Tuhan tau bener apa yang kita butuhin saat itu dan gak akan langsung diberikan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan, itu yang akan kita dapat.

Mungkin sekian dulu postingan gw hari ini, mau belajar guys besok ada Quiz.
Quiz berhadiah tabokan kalo misal dapet jelek.
See you guys in next post..Bye2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Di sini ya : No Sara No Kata2 Kotor thx ^^